Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Jalanmantu.id - Puasa senin dan kamis merupakan puasa sunnah yang dilakukan nabi Muhammad saw, puasa senin kamis merupakan amalan puasa yang sangat baik dan banyak manfaatnya seperti untuk menyehatkan jiwa dan juga mempertebal ketakwaan. puasa senin kamis juga bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat, Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan,Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim).

Maka dari itu puasa senin kamis sangatlah bermanfaat bagi umat manusia.

Niat Puasa Senin.

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taaala

Artinya:

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah taala"

Atau ada juga dengan niat sebagai berikut :

Nawaitu shouma ghadin yaumal itsnaini sunnatan lillahi taala.

Artinya:

"Saya niat berpuasa besok hari Senin sunah karena Allah Taala."

Niat Puasa Kamis

Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi taala.

Artinya:

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah taala."

Atau ada juga dengan niat sebagai berikut :Nawaitu shouma ghadin yaumal khomisi sunnatan lillahi tala Artinya."Saya niat berpuasa besok hari Kamis sunah karena Allah Tala.

Beberapa manfaat melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis adalah:

1. Menurunkan Berat Badan.

Saat melaksanakan puasa, tubuh bekerja secara optimal, ini terjadi karena tubuh tidak menerima asupan selama 12 jam. Ketika kita melaksanakan puasa satu-satunya sumber energi kita adalah glukosa, ketika glukosa di tubuh kita sudah mulai habis maka lemak akan menggantikan posisi glukosa sebagai sumber energi. Dengan kata lain, ketika kita melaksanakan puasa maka kadar lemak yang ada dalam tubuh kita berkurang.

2. Terbiasa Untuk Menahan Hawa Nafsu.

Salah satu persyaratan puasa adalah bahwa kita harus menahan diri dari hal yang bisa membatalkan puasa, yaitu nafsu. Ketika terbiasa melaksanakan puasa, maka akan terbiasa untuk menahan semua jenis nafsu.

3. Meningkatkan kesehatan Rohani dan Jasmani.

Manfaat puasa pada hari Senin dan Kamis bisa meningkatkan kecerdasan emosional, juga meningkatkan kecerdasan spiritual dalam bentuk ketenangan selama puasa.