Niat Sholat Tahajud dan Keutamaannya

Jalanmantu.id - Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang istimewa dan mempunyai keutamaan yang disebutkan secara langsung dalam Al-Qur'an. Hukum sholat sunnahnya adalah muakkadah (sangat disarankan) untuk umat Islam.

Sholat Tahajud dikerjakan dua rakaat salam. Para ulama berbeda pendapat mengenai batas jumlah rakaatnya. Ada yang berpendapat batas sholat tahajud adalah 8 rakaat, tetapi banyak yang berpendapat bahwa jumlah rakaat sholat tahajud tidak dibatasi . Nabi sendiri kadang-kadang mengerjakan sholat tahajud 11 rakaat, termasuk sholat Witir dan, kadang-kadang, 13 rakaat termasuk Witir.

Dalam fiqih Sunnah menjelaskan, hendaklah sebelum tidur, berniat untuk melaksanakan Sholat Tahajud, jadi jika ia tertidur dan tidak terbangun maka tetap mendapat ganjaran pahalanya.

Niat Sholat Tahajud:

Latin:

Usholli sunnatat tahajudi rokataini lillahi taaalaa

Artinya:

"Aku niat sholat tahajud dua rakaat sunnah karena Allah Taala"

Sholat Tahajud mempunyai keutamaan yang luar biasa. Keutamaan dan kedahsyatannya yang tidak terandingi dengan sholat sunah lainnya, antara lain :

1. Kedudukannya yang terpuji.

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."(QS. Al Isra: 79)

Menurut Ustadz Adi Hidayat, Maqam adalah kedudukan, tetapi tidak semestinya membuat orang mulia, bahkan kadang-kadang dibenci. Sedangkan Maqaman Mahmuda adalah kedudukan yang diiringi oleh cinta orang lain. Kebanyakan orang mengakui bahawa ia pantas mendapatkan kedudukan sehingga ia dimuliakan.

2. Dimudahkan Urusannya.

Orang yang terbiasa dengan sholat tahajud akan dimudahkan urusannya oleh Allah Swt. Dan juga dibimbing-Nya. Dari urusan rumah tangga, perkara pekerjaan, hingga perkara-perkara da'wah dan perkara-perkara lain.

Dan katakanlah:

"Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar.." (QS. Al Isra: 80)

3. Mendapatkan Solusi Terbaik.

Sekiranya kita mempunyai masalah, orang yang membiasakan melakukan sholat tahajud ini akan diberikan penyelesaian masalah yang terbaik. Masalah serumit apa pun yang dihadapi, Allah akan memberikan jalan keluar.

"..dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar." (QS. Al Isra: 80)

4. Dibantu Allah.

Orang-orang yang membiasakan sholat tahajud akan ditolong Allah, bahkan tanpa perantara. Apabila ada bahaya, apabila ada sesuatu yang ingin menyakiti, Allah Subhanahu wa Ta'ala akan membantu. Sebagaimana lanjutan ayat diatas.

"..dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong." (QS. Al Isra: 80)

5. Sholat Sunnah yang Paling Utama.

Sholat Tahajud yang juga dipanggil Qiyamul Lail atau Sholat Lail adalah Sholat Sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah sallalaahu 'alaihi wasallam:

"Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam." (HR. An Nasa'i).

6. Kemuliaan dan Kewibawaan.

Orang-orang yang sering melaksanakan sholat Tahajud, akan mendapatkan kemuliaan dan kewibawaan. Jika dia adalah orangtua, dia akan berwibawa dihadapan anak-anaknya. Sekiranya dia seorang guru, dia akan berwibawa dihadapan murid-muridnya. Sekiranya dia seorang pemimpin, dia akan menjadi berwibawa di hadapan orang yang dipimpinnya.

"Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya." (HR. Hakim Hasan)

7. Doanya yang Dikabulkan.

Orang yang melakukan Sholat Tahajud, kemudian berdoa, Insha Allah doanya dijabah oleh Allah. Terutama jika dia melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam yang merupakan waktu Mustajabah.

8. Kebiasaan Orang Shalih.

Sholat Tahajud ini adalah kebiasaan orang Shalih dahulu. maka yang saat ini senantiasa melaksanakan sholat tahajud maka dia tercatat sebagai orang-orang shalih sebagaimana mereka.

"Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad)

9. Pencegahan dan Penghapusan Dosa.

Sholat Tahajud juga menjadi penghapus dosa sebagaimana hadits sebelumnya, dan solat Tahajud juga mencegah seseorang dari perbuatan dosa.

Orang yang membiasakan Tahajud akan mendapat Taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga jauh dari perbuatan dosa.

10. Kunci Masuk Surga.

Orang yang terbiasa Sholat Tahajud, Insha Allah akan masuk ke Syurga. Karna sholat ini merupakan salah satu kunci syurga. Seperti sabda Rasulullah sallalaahu 'alaihi wasallam:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).