Niat Shalat Witir dan Doa Setelah Sholat Witir

Jalanmantu - Sholat witir merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan yaitu sebagai rangkaian dari Shalat Tarawih. Akan tetapi sebenarnya shalat witir adalah shalat yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam.

Sholat Witir merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh kaum muslim, secara bahasa, witir diartikan sebagai ganjil, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam :

“Sesungguhnya Allah itu Witir dan menyukai yang witir (ganjil).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengertian dari shalat witir adalah shalat sunnah witir yang dikerjakan antara Shalat Wajib atau Shalat Fardhu yaitu pada saat shalat isya’ dan masuknya waktu Shalat Subuh, yaitu ketika terbit fajar, dan shalat ini merupakan penutup dari shalat sunnah tahajud.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

“Jadikanlah shalat witir sebagai akhir shalat kalian di malam hari.” (HR. Bukhari) “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan shalat, maka peliharalah dia, yaitu shalat Witir.” (HR. Ahmad)

Sholat witir merupakan salah satu amal yaumiyah yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam amalkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mengerjakan sholat sunnah ini sebagaimana hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu:

"Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunnah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam." (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi; shahih lighairihi)

Adapun niat sholat witir adalah sebagai berikut :

Niat Sholat Witir

Niat sholat witir satu rakaat :

Usholli sunnatal witri rok’atan lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah Ta’ala”

Niat sholat witir dua rakaat :

Usholli sunnatal witri rok’ataini lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Niat Sholat Witir tiga rakaat :

Usholli sunnatal witri tslatsa roka’aatin lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala”

Doa Setelah Sholat Witir

Setelah sholat witir di sunnahkan membaca doa sebagai berikut sebanyak tiga kali :

Subhaanal malikil quddus

"Maha Suci Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan."

Kemudian dilanjut dengan membaca doa sholat witir:

Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaanMu dari kemarahanMu, dan dengan keselamatanMu dari hukumanMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksaMu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diriMu sendiri".

Doa sholat witir ini berdasarkan hadits shahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah.