Cara Mengatasi Jaringan 4g yang Lemot

Jalanmantu - Dengan adanya perkembangan teknologi infromasi dengan cepat sehingga banyak fitur yang bisa kita gunakan seperti screenshot layar dan mempercepat jaringan internet, semua sektor sedang berlomba-lomba untuk meningkatkan kecepatan jaringan untuk memudahkan pengguna dalam menerima informasi dan memberikan infromasi, namun terkadang banyaknya penggunaan jaringan yang terjadi bisa membuat sinyal pada jaringan 4g menjadi lemot dan lelet.

Jaringan di jaman sekarang ini sudah berkembang sangat pesat dari jaringan 3G menjadi 4G dan akan berkembang lagi menjadi jaringan 5G, namun dengan meningkatnya jaringan 4G tidak semata-mata menghilangkan permasalahan terhadap jaringan yang lemot terlebih lagi jaringan 4G ini tergolong masih baru.

Ada banyak faktor yang membuat sebuah jaringan seluler 4G menjadi lelet dan lemot, penyebab jaringan 4G menjadi lemot terkadang terdapat dalam masalah paket data yang kita beli, karena setiap paket internet yang di beli terdapat pembatasan bandwith untuk membatasi kecepatan pada jaringan tersebut.

Namun ada kalanya jaringan yang lelet ini terkendala oleh faktor lain, maka dari itu Jalan Mantu membantu pembaca untuk mengatasi masalah ini, untuk mengatasi masalah jaringan yang lelet bisa dilakukan berbagai cara antara lain sebagai berikut.

Cara Mengatasi Jaringan 4G Lelet atau Lemot

1. Restart Ponsel.

Salah satu mengatasi jaringan 4G yang lemot adalah dengan melakukan restart handphone anda, Apabila jaringan internet lemot tidak begitu sering terjadi. Dalam beberapa kasus jaringan lelet sistem ponsel yang bermasalah akan kembali pulih kembali secara otomatis setelah di restart. Aplikasi yang berjalan juga akan berhenti, sehingga jaringan internet akan lancar seperti biasanya.

2. Cek Kuota

Coba cek kuota anda karena jaringan lelet sering terjadi ketika kuota internet sudah mau habis atau benar-benar habis, maka dari itu disarankan untuk mengecek kuota data seluler anda.

3. Cek Jaringan

Cara mengatasi jaringan 4g lte tidak stabil atau mengalami lemot adalah dengan mengecek jaringan. Sinyal yang terputus atau lemah adalah kondisi yang paling sering dialami masyarakat. Cobalah anda tanyakan secara langsung pada penyedia operator jaringan. Atau bisa juga keluar ruangan untuk mencari sinyal yang lebih stabil dan kuat. Untuk memastikan apakah SIM card Anda berfungsi atau tidak.

Jika di ponsel lain pun jaringan 4G masih lemot dan lelet, maka bisa disimpulkan bahwa permasalah yang terjadi terdapat ada pada kartu seluler anda. Namun apabila 4g lte lemot atau provider lain menjadi lancar setelah menggunakan ponsel lainnya, maka bisa jadi sistem atau hardware ponsel Anda yang mengalami masalah. Periksa pula ketersediaan jaringan 4G di lokasi Anda. Karena ada beberapa daerah yang memang masih belum dijangkau provider dalam penyediaan koneksi internet LTE.

4. Cek APN

Salah satu cara mengatasi jaringan lelet adalah dengan mengecek APN atau Access Point Names. Gunakanlah APN internet dengan APN default yang sudah ada pada jaringan seluler anda. Cek APN berbeda untuk masing-masing sistem operasi Android. Sebut saja OS Android yang melakukan pengaturan di menu Mobile Network dan iOS pengaturannya ada pada menu Cellular Data Network. Cara ini bisa diterapkan pada jaringan 4g lte xl lemot, Telkomsel, Indosat dan provider lainnya. Setelah mengecek APN, restart ponsel.

4. Resert Pengaturan Sistem

Jika semua aplikasi online mulai dari media chatting, browser, dan lain sebagainya tidak bisa diakses dengan lancar menggunakan koneksi internet meskipun sinyal sudah jaringan 4G, maka Anda bisa melakukan reset ulang pada pengaturan sistem android. Jaringan 4g lte 3 lemot ataupun provider lain biasanya akan kembali lancar setelah ponsel di reset ulang.

5. Akses Safe Mode

Jaringan 4g lte lambat juga bisa diatasi dengan cara mengakses Safe Mode. Cara akses safe mode pada HP sangatlah mudah, anda hanya perlu menekan tombol daya agak lama lalu tahan Power Off. Jika sudah, klik OK. Jika ponsel Anda sudah menunjukkan kinerja yang baik pada safe mode, bisa disimpulkan bahwa jaringan LTE menjadi lambat karena adanya hambatan dari aplikasi pihak ketiga. Jadi reboot perangkat Anda agar aplikasi tersebut hilang dan ponsel bisa bekerja sebagaimana mestinya.

6. Bawa ke Service Center

Apabila semua cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah jaringan yang lelet maka cara terakhir ini bisa di jalankan namun dengan mengeluarkan biaya perbaikan, bahkan proses flashing pun tidak bisa memberikan solusi untuk meningkatkan jaringan yang lelet, maka sangat besar kemungkinannya jika hardware pada ponsel mengalami permasalahan yang menjadi pemicu jaringan 4g lte lemot.

Sudah terjawab kah, pertanyaan bagaimana mengatasi jaringan lelet atau lemot? Yang sudah Jalanmantu bahas untuk mengatasi permasalahan jaringan lemot ini merupakan tahapan-tahapan yang biasa dilakukang ketika mengalami jaringan lemot, Cara mengatasi jaringan lemot ini sangat lah work dan bisa mengatasi jaringan 4g dengan mudah.