Cara Screenshot Layar Di Laptop dan Komputer

Jalanmantu - Dengan adanya perkembangan teknologi dan kemajuan teknologi semakin pesat, perusahaan laptop dan komputer pun terus mengembangkan berbagai upaya untuk menambahkan fitur-fitur yang canggih di dalam laptop dan komputer, dari berbagai fitur yang canggih tersebut ada juga fitur screenshot, fitur screenshot yang terdapat di laptop dan komputer ini bisa memudahkan pengguna untuk mengambil gambar layar di monitor.

Screenshot layar monitor ini berfungsi untuk mengambil gambar yang ada di layar laptop atau pun komputer anda, lalu bagaimana cara screenshot di laptop dan komputer? Untuk screenshot di laptop atau pun di komputer ada berbagai cara, ada cara screenshot tanpa software atau aplikasi dan ada juga cara screenshot menggunakan software.

Software screenshot pun ada banyak salah satunya yaitu lightshot dan masih banyak lagi software screenshot layar untuk laptop dan komputer. Banyak yang bertanya kepada jalanmantu mengenai cara screenshot di laptop dan komputer tanpa software.

Adapun Cara Screenshot Laptop atau Komputer Tanpa Software Sebagai Berikut :

Cara untuk screenshot di laptop dan komputer hanya menggunakan beberapa tombol dan setiap merk laptop biasanya berbeda-beda, untuk cara screenshot ini jalanmantu melakukan screenshot di laptop asus untuk merk laptop lain bisa juga mengikuti langkah-langkah berikut dengan kombinasi tombol screenshot yang bisa biasanya berfungsi.

  1. Tekan tombol Prt SC untuk melakukan screenshot, untuk beberapa laptop ada yang menggunakan kombinasi Fn + Prt SC dan ada juga menggunakan kombinasi Win + Prt SC yang letak tombolnya ada di sebelah atas pojok kanan dekat dengan tombol insert.
  2. Setelah menekan tombol Prt SC untuk screenshot layar laptop maka buka paint atau Ms.Office.
  3. Kemudian tekan tombol CTRL + V untuk meletakan hasil screenshot laptop atau pun komputer.
  4. Setelah itu lakukan save gambar pada paint atau bisa menekan tombol CTRL + S.

Cara Screenshot Layar Laptop atau Komputer Menggunakan Software Lightshot.

Cara Screenshot laptop atau komputer menggunakan software ini mempunyai ke unggulan untuk screenshot bagian tertentu yang di inginkan berbeda dengan screenshot tanpa software tadi yang mengambil gambar layar laptop menyeluruh, Screenshot menggunakan software lightshot bisa juga di gunakan untuk melakukan screenshot di zoom meeting.

  1. Download terlebih dahulu software Lightshot.
  2. Install aplikasi lightshot yang sudah di download tadi.
  3. Jika sudah terinstal software lightshot tersebut maka hanya tinggal menekan tombol Prt SC pada keyboard anda.
  4. Arahkan bagian yang ingin di screenshot pada layar laptop anda.
  5. Klik Save atau CTRL + S setelah anda menseleksi bagian yang ingin di screenshot.

Itu lah dua cara screenshot layar di laptop dan komputer yang bisa dilakukan secara mudah, screenshot di laptop juga bisa dilakukan saat sedang menggunakan software lain seperti sedang daring menggunakan zoom, google meets bahkan bisa dilakukan saat sedang cari auto followers instagram, tiktok, dan twitter.