Inilah 10 Cara Promosi Instagram Terbaru

Jalanmantu - Di zaman teknologi seperti sekarang ini banyak cara untuk melakukan promosi bisnis anda, salah satunya dengan promosi dengan sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat, karena dengan sosial media di jaman sekarang ini sangatlah membantu untuk meningkatkan bisnis anda dan menjadikan media promosi untuk bisnis anda.

Salah satu sosial media yang paling diminati untuk melakukan promosi adalah dengan sosial media instagram, kenapa harus melakukan promosi instagram? Promosi instagram sangatlah bermanfaat untuk menjangkau calon customer dan mudah untuk mengenalkan bisnis anda kepada orang lain.

Untuk promosi instagram ini memerlukan beberapa tips untuk promosi instagram dan beberapa penyesusaian dalam tampilan instagram anda, agar promosi anda bisa di mengerti dan diminati oleh customer anda, lalu bagaimana melakukan promosi di instagram? Ada beberapa cara melakukan promosi instagram agar instagram anda bisa di follow dan produk anda bisa diminati calon pembeli.

Adapun Cara Promosi di Instagram

1. Isi dan Lengkapi Bio Instagram

Untuk mendapatkan keyakinan dari pengguna Instagram, pastikan BIO pada akun anda sudah diisi dengan lengkap dan jelas. ada beberapa cara untuk memaksimalkan BIO Instagram agar bisa terlihat lebih menyakinkan bagi pengguna instagram:

  • Gunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari dan diingat.
  • Tambahkan kata kunci.
  • Gunakan profile picture profesional anda.
  • Berikan deskripsi singkat dan jelas.
  • Gunakan emoji agar lebih menarik.
  • Berikan kalimat Call to Action.
  • Tambahkan link website.

2. Tentukan Tema Feed Instagram

Berikan post yang bermanfaat untuk follower anda sehingga followers instgram menjadi tertarik dengan produk anda dan lakukan secara konsisten pada setiap posting dengan tema tertentu.

Ini bisa menjadi salah satu ciri khas akun Instagram bisnis Anda, sehingga follower yang melihat bisa tertarik dan melakukan follow. Berikan waktu untuk melakukan interaksi dengan followes dan share konten-konten edukasi yang bermanfaat kepada follower, tujuannya agar follower tidak merasakan ditawarkan produk jualan secara terus menerus.

3. Posting Secara Konsisten dan Terus Menerus

Manfaat melakukan posting IG secara konsisten adalah agar mudah dilihat oleh followers dan juga memberi tahukan kepada followers anda bahwa akun instagram bisnis anda masih aktif, sehingga bisa terjadi interaksi antar keduanya. Dengan terjadinya interaksi ini diharapkan bisa terjadi konversi penjualan langsung dari follower, selain itu dengan sering upload konten menjadikan branding bisnis anda semakin dikenal oleh banyak orang. Tips melakukan posting untuk promosi di instagram adalah dengan mencari waktu-waktu yang biasa ramai orang membuka instagram seperi waktu sore dan pagi hari sebelum masuk jam kerja.

4. Gunakan Hastag atau Tagar

Tahukah Anda bahwa hastag dalam Instagram memiliki fungsi untuk memudahkan seseorang dalam mencari suatu hal. Dengan menggunakan hastag, post akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Tetapi perlu dicatat bahwa hastag di instagram yang digunakan sewajarnya saja jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak hastag atau tagar bisa menjadi spam. Pastikan juga bahwa hastag yang anda gunakan masih relevan dengan konten yang sedang anda publish.

5. Bangun Relasi Dengan Akun Sejenis

Bangun hubungan dengan melakukan follow pada akun Instagram yang produk bisnisnya sama dengan anda terlebih dahulu, kemudian lakukan komentar pada setiap postnya cara ini berfungsi untuk memperkenalkan sekaligus promosi di instagram menjadi lebih dikenal. Tetapi perlu diingat jangan terlalu banyak melakukan komentar dan buat komentar sewajarnya saja agar tidak spam atau komentar jualan secara langsung, lakukan teknik soft selling.

6. Sertakan Link Product

Menggunakan Promosi di instagram tidak bisa menyertakan link pada caption dan komentarnya, maka solusinya anda bisa menggunakan shortlink agar mudah diingat oleh follower. Shortlink memiliki fungsi untuk memperpendek tautan sehingga lebih mudah diingat. Shortlink ini bisa anda dapatkan menggunakan bit.ly dan lainnya.

7. Berikan Diskon Bersyarat

Cara ini sering kita temui pada instagram bisnis yang dengan cara promosi di instagram ini memberikan diskon pada followers dengan syarat. Jika ingin mendapatkan diskon special pengguna diharuskan love postingan, share dan tag temannya pada kolom komentar. Tidak lupa konsumen disuruh untuk melakukan follow sosial media yang dimiliki, tetapi tenang saja cara seperti ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan follower dan engagement akun Instagram.

8. Share Testimoni Pelanggan

Testimoni menjadi salah satu bukti yang paling bagus untuk membangun kepercayaan konsumen kepada kita. Agar tidak merusak feed Instagram maka upload testimoni sebagai IG story, dan masukukan pada higligt dan berikan avatar atau gambar yang menarik.

Walaupun terlihat sepele cara promosi ini memiliki efek yang besar. Karena jualan kita lewat sosial media bukan sistem marketplace yang sudah memiliki keamanan pembayaran dengan rekening escrow.

9. Paid Promote

Paid promote ini sangat berbeda dengan endorsement, paid promote dalam sistemnya menggunakan pembayaran uang secara cash. Setiap influencer biasanya sudah memiliki rate card untuk sekali post atau secara paket. Besarnya harga tergantung dari jumlah follower dan engagement akun yang dimiliki.

10. Instagram Ads

Untuk cara ini anda harus mengeluarkan biaya agar instagram anda di promosikan di instagram secara resmi dari pihak instagram. Untuk bisa beriklan menggunakan Instagram Ads, anda diharuskan memiliki akun Facebook Ads Manager terlebih dahulu.

Begitulah cara untuk promosi di instagram dengan mudah dan bisa juga meningkatkan kepercayaan followers anda serta calon customer anda, Baca juga cara menambah followers terbaru.