Niat Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

Jalanmantu - Pengertian wudhu menurut bahasa adalah bersih atau indah sedangkan menurut syara mempunyai arti membersihkan anggota-anggota badan untuk menghilangkan hadas kecil. Wudhu merupakan syarat wajib yang harus dilakukan jika ingin melaksanakan sholat , adapun anjuran berwudhu sudah tercantum dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 6 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." ( QS Al-Maidah ayat 6 )

Dari ayat tersebut telah disampaikan bahwa jika ingin melaksanakan sholat wajib atau pun sholat sunah maka diwajibkan untuk wudhu terlebih dahulu, dengan cara membasuh muka dan kedua tangan sampai dengan siku, menyapu sebagian kepala dan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki dengan air yang suci dan mensucikan secara berurutan dengan niat menghilangkan hadas atau sengaja wudhu.

Maka dari itu berwudhu sangatlah penting dan harus di barengi dengan niat wudhu, adapun niat wudhu adalah sebagai berikut :

Doa Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul whudu-a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta'aalaa

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta'ala"

Tata Cara Wudhu

Wudhu merupakan hal yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum melakukan sholat, wudhu pun harus di barengi dengan niat wudhu dan dikerjakan dengan tata cara wudhu yang benar, adapun tata cara berwudhu yang benar adalah secara berikut:

  1. Membaca basmalah sambil mencuci kedua tangan sampai pergelangan tangan sampai bersih.
  2. Membersihkan tangan terus berkumur-kumur tiga kali (3x)
  3. Membersihkan lubang hidung tiga kali (3x)
  4. Membasuh muka tiga kali (3x) (mulai dari tumbuhnya rambut atau dahi, sampai dengan dagu, dan juga sampai telinga kanan dan kiri) sambil membaca niat Wudhu.
  5. Membasuh kedua tangan sampai siku tiga kali (3x) dengan mendahulukan anggota sebelah kanan kemudian kiri.
  6. Menyapu atau mengusap sebagian rambut kepala sebanyak tiga kali (3x)
  7. Membasuh kedua telinga sebanyak tiga kali (3x) dengan mendahulukan telinga kanan kemudian kiri secara bergantian.
  8. Membasuh atau mencuci kali sebanyak tiga kali (3x) dengan mendahulukan kaki kanan kemudian kiri secara bergantian, mulai dari lutut sampai mata kaki.
  9. Tertib atau berurutan

Membaca doa setelah Wudhu

Setelah berwudhu maka bacalah doa setelah wudhu adapun bacaan doa setelah wudhu adalah sebagai berikut :

Doa Setelah Berwudhu

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiina

"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh"