Tips Atasi Handphone Cepat Panas Tanpa Servis

Jalanmantu - Sering kita merasakan kondisi handphone panas, kondisi handphone panas ini sangatlah meruigakan dan bisa mengurangi performa pada handphone kita, bagaimana cara mengatasi handphone panas? cara mengatasi hal tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh anda sendiri tanpa harus membawa handphone ke tempat servis.

Handphone panas ini sering terjadi akibat kondisi RAM atau Memory handphone yang hampir penuh dan berbagai faktor lainnya, pada artikel jalan mantu kali ini akan membahas cara mengatasi handphone yang panas.

Karena dengan kondisi handphone panas akan membuat handphone anda menjadi lemot serta mengganggu kegiatan anda untuk menggunakan handphone tersebut.

Cara Mengatasi Handphone Panas

Gunakan Charger dan Baterai Original

Dalam menggunakan HP dengan jangka yang lama sangatlah mempengaruhi baterai sehingga baterai akan cepat habis. Seringnya anda kehabisan baterai handphone anda maka anda akan terus melakukan proses charging HP. Melakukan charging pada HP akan membuat baterai dan charger mengalami penurunan kualitas. Ketika rusak, anda perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli charger atau baterai baru.

Untuk membeli charger dan baterai baru, sebaiknya gunakan charger dan baterai original. Charger dan baterai yang lebih murah memang ramah kantong, tapi hal ini akan membahayakan smartphone anda, terlebih anda juga tak tahu kualitas dan asal-usul charger tersebut. Jika Anda memakai charger dan baterai yang tidak original, maka akan ada kemungkinan handphone panas. Maka dari itulah, pastikan smartphone anda menggunakan charger dan baterai original dan pastikan juga untuk tidak mengisi daya HP Anda terlalu sering.

Jangan Gunakan Handphone Saat Sedang Di Charger

Ketika HP dalam kondisi mengisi daya baterai handphone sebaiknya anda jangan memainkan HP anda, karena kebiasaan ini sering dilakukan maka akan mempengaruhi pada kualitas baterai HP anda, yang terlihat mengembung lebih cepat. Kondisi ini akan membuat HP Anda terasa lebih panas setelah selesai diisi daya. Kebiasaan ini pula yang menyebabkan kerusakan baterai seperti kebocoran baterai handphone dan membuat cepat panas handphone.

Buang Sampah yang Ada Pada Handphone Anda

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, pihak pembuat handphone khususnya handphone android umumnya terdapat banyak file yang tidak terlalu berguna. File yang tidak berguna ini biasanya berupa sampah, cache, hingga cookies. Jika file ini sudah terlalu banyak dan dibiarkan akan terus menumpuk dan memenuhi memory handphone anda, efeknya akan berdampak pada dapur pacu dan RAM yang kemudian memicu smartphone menjadi panas dan handphone menjadi lemot.

Keluarkan Aplikasi Yang Sudah Dipakai

Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan pada handphone anda karena membiarkan aplikasi berjalan di balik layar akan membuat handphone panas dan efeknya membuat handphone anda lemot, terutama pada game berat. Apabila ada banyak aplikasi yang berjalan tanpa dikeluarkan maka HP anda berpotensi cepat panas, bahkan bisa menyebabkan HP Anda kinerjanya lemot.

Matikan Wifi Jika Sudah Tidak Terpakai

Hal ini merupakan tindakan yang sepele namun efeknya sangat besar pada kinerja HP anda, sering sekali saat berada di jangkauan wifi anda menyalakan wifi dan ketika hendak pergi menjauhi wifi anda lupa mematikan wifi ini.

Kenapa penting mematikan wifi pada handphone, karena saat anda menyalakan wifi saat tidak ada jaringan wifi maka wifi ini akan terus mencari-cari jaringan yang ada disekitar handphone anda dan mengakibatkan handphone anda terus bekerja dan membuat HP menjadi panas dan lemot.

Menghapus Aplikasi Besar yang Memakan Kapasitas RAM

Jika HP yang anda miliki adalah handphone dengan kapasitas RAM besar maka tips ini sedikit tidak perlu. Namun jika anda memiliki handphone dengan kapasitas RAM yang rendah atau sering disebut HP kentang maka poin ini akan berlaku. Permasalahannya pada aplikasi dan games yang tergolong memberatkan RAM akan membuat performa HP Anda menurun dan akan membebani kinerja HP anda sehingga membuat HP panas dan lemot.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi masalah handphone cepat panas dan jangan lupa juga untuk membaca cara mengatasi laptop lemot.