Cara Membeli Laptop Second Agar Tidak Tertipu Penjual

Jalanmantu - Pada era digital seperti sekarang ini yang serba online bahkan membeli barang pun bisa dilakukan online termasuk membeli sepuah perangkat komputer dan laptop, bahkan tersedia juga laptop dengan kondisi baru dan bekas.

Namun terkadang kita justru khawatir karena pembelian secara online sering ditemukan penipuan, jangankan membeli barang dengan online, membeli barang secara langsung pun kita kerap merasa tertipu oleh penjual terlebih dalam pembelian barang elektronik seperti laptop.

Dengan adanya jalan mantu anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini jalan mantu akan membahas bagaimana cara membeli laptop bekas sehingga anda tidak tertipu penjual, terlebih jika anda masih merasa awam dan tidak mengatahui kondisi laptop bekas itu masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Bagaimana Tips Untuk Membeli Laptop Bekas?

Secara umum membeli laptop dengan kondisi masih baru atau pun kondisi laptop bekas sebaiknya anda menyesuaikan kebutuhan pemakaian laptop anda terlebih dahulu, sehingga anda bisa mengatahui spesifikasi laptop yang anda butuhkan apa saja, jika ingin membeli laptop bekas sebaiknya anda cek kondisi laptopnya apakah masih bagus dan layak pakai atau tidak.

Tips Membeli Laptop Second

Periksa Kondisi Fisik Laptop yang Ingin Dibeli

Karena kondisi fisik dari laptop adalah merupakan salah satu hal yang penting dan bisa menjadi acuan kita dalam menentukan kondisi laptop ini masih layak atau tidak. Karena hal yang paling penting dalam melakukan pembelian laptop bekas ini sangatlah berpengaruh pada kondisi laptop, jika dilihat pada tampilan fisiknya saja kurang bagus bagaimana kondisi di dalamnya, dari kondisi tersebutlah kita bisa menilai langsung kondisi laptop tersebut.

Cek Garansi Pembelian Laptop

Laptop second yang memiliki masa garansi dan belum habis merupakan nilai tambah saat membeli laptop bekas. Karena jika masih memiliki masa garansi yang masih berlaku akan memudahkan kita jika terjadi kerusakan pada laptop bekas tersebut.

Cek Fungsi dan Performa Pada Laptop Bekas

Tips membeli laptop bekas ini sangat penting, anda harus melakukan pengecekan secara berulang dan sampai yakin bahwa kondisi laptop bekas yang akan anda beli berfungsi sebagaimana mestinya, dengan cara mengecek fungsi - fungsi dari komponen - komponen dan peripheral laptop bekas yang akan kita beli. Tidak luput juga anda harus cek pada bagian keyboard apakah masih berfungsi, port USB apakah semua port masih berfungsi, kemudian cek juga DVD – ROM, webcam, dan juga kondisi dari speakernya.

Cek Kondisi Baterai Laptop

Tips megecek kondisi baterai dan chargeran ini merupakan bagian sangat penting, karena jika kondisi baterai sudah tidak baik maka akan menimbulkan laptop anda harus selalu di charger dan akan mengurangi performa laptop anda, Cek kondisi baterai dengan melihat indikator pada baterai, jika saat pemakaian indikator baterai mengalami penurunan secara drastis maka dapat dipastikan kondisi baterai tersebut sudah bocor.

Cek Kondisi Chargeran Laptop

Jangan lalai untuk mengecek kondisi chargeran laptop bekas yang akan anda beli, tips untuk mengecek chargeran laptop bekas bisa dilihat yang pertama kondisi fisiknya, jika kondisi kabel chargeran masih bagus dan tidak terkelupas maka itu baik dan coba lakukan charger pada laptop bekas yang akan anda beli jika bisa mengisi daya baterai berarti kondisi chargeran dengan keadaan baik.

Layar LCD Laptop Bekas

Pengecekan layar LCD laptop bekas merupakan hal sangat penting karena percuma jika membeli laptop namun LCD laptop yang anda beli kondisinya tidak layak, maka dari itu lebih baik anda pastikan kondisinya terlebih dahulu sebelum membelinya, dan pastikan juga tidak ada dot pixel pada layar LCD laptop tersebut. Cara mudah mengecek layar laptop rusak atau tidak dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos kemudian perhatikan apakah ada warna lain yang muncul pada layar laptop second yang ingin anda beli karena indikasi layar bagus adalah tidak ada warna lain selain hitam saat anda mengganti walpaper hitam, kemudian ganti lagi dengan warna putih polos, dan pastikan lagi kondisinya baik.

Bandingkan Dengan Harga Pasaran

Sebelum anda membeli laptop bekas dengan harga yang di tawarkan sebaiknya anda melakukan perbandingan dengan harga pasaran yang sesuai dengan laptop yang ingin di beli, kita harus tahu dulu kira – kira harga pasaran jenis laptop yang akan kita beli itu berapa. dengan cara ini anda juga bisa mendapatkan harga yang sesuai. Harga laptop bekas turun sekitar 20% – 40% tergantung dari kondisi barang dan lamanya pemakaian.

Nah begitulah cara yang sering jalan mantu lakukan ketika hendak membeli laptop dengan kondisi second dan jangan lupa cek terus sampai benar-benar anda yakin untuk membeli laptop bekas yang ditawarkan oleh penjual dan belilah laptop sesuai dengan kebutuhan anda, jangan sampai anda membeli laptop lemot yang menghambat pekerjaan anda.