Baterai Laptop Cepat Bocor? Beginilah Cara Merawat Baterai Laptop

Jalanmantu - Baterai merupakan perangkat yang sangat penting dalam laptop karena bergunan untuk mengisi sumber daya pada laptop, Daya yang tersimpan pada baterai laptop sangatlah terbatas tidak seperti daya pada baterai handphone.

Normalnya kapasitas beterai jika 100% maka dapat digunakan sekitar 4 sampai 5 jam pemakaian laptop yang normal, jika indikator pada baterai turun drastis maka ada kemungkinan baterai yang anda gunakan bocor atau sudah rusak.

Lalu bagaimana cara atasi baterai laptop agar tidak cepat rusak atau bocor? Ada beberapa tips merawat baterai agar awet, dalam merawat baterai laptop sangatlah mudah namun perlu kedisiplinan dalam melakukan perawatannya.

Tips Cara Merawat Baterai Agar Awet

  1. Jika Anda membeli laptop dalam kondisi baru biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Jika seperti ini sebaiknya Anda charger terlebih dahulu baterai selama 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai menunjukkan warna hijau, jangan digunakan saat melakukan pengisian daya.
  2. Gunakan baterai laptop Anda jika tidak ada colokan listrik, Jika masih ada aliran listrik di sekitar Anda sebaiknya lepas baterai dan gunakan aliran listrik yang ada disekitar Anda sebagai sumber daya laptop. Tips ini bermanfaat untuk menghindari panas pada laptop yang berlebihan.
  3. Charger baterai laptop minimal 10%, jangan sampai menggunakan baterai laptop hingga 0% karena hal ini dapat merusak komponen hardware pada laptop.
  4. Lepaskan chargeran baterai laptop Anda jika kapasitas baterai Anda sudah mencapai 100%, jika pengisian baterai sudah 100% jangan dibiarkan terus mencharger karena hal itu dapat mempengaruhi umur baterai.
  5. Matikan fitur yang menyala jika sudah tidak digunakan untuk menghemat daya baterai Anda sehingga baterai tidak cepat habis.
  6. Gunakan cahaya layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan terlalu terang karena akan cepat menghabiskan daya baterai laptop Anda.
  7. Gunakanlah Headset atau Earphone jika sedang menonton film atau mendengar musik, usahakan jangan menggunakan speaker karena hal ini mengakibatkan baterai akan boros.
  8. Jangan menggunakan adaptor chargeran yang KW pastikan adaptor chargeran baterai laptop yang Anda pakai merupakan adaptor orisinil.
  9. Usahakan saat mengisi daya pada baterai laptop tidak sambil dimainkan, karena hal ini akan membuat baterai laptop Anda akan cepat bocor dan tidak awet.
  10. Gunakan colokan tunggal untuk adaptor chargeran laptop Anda dan jangan gunakan colokan yang bercabang, karena menggunakan colokan tunggal untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.

Begitulah tips agar baterai laptop awet dan tahan lama yang bisa jalanmantu bagikan untuk Anda. Baca juga cara menemukan font keren gratis untuk design gambar Anda.