Cara Membuka Kunci HP Yang Lupa Pola Dan Password

Jalanmantu - Untuk menjaga privasi pengguna handphone Anda, semua smartphone atau handphone kini dilengkapi dengan fitur kunci pada handphone, kunci handphone ini ada berbagai macam bentuknya seperti kunci pola, kunci dengan password dan lain sebagainya.

Namun dengan Anda mengaktifkan fitur ini pastikan Anda sudah menyimpan dan mengingat password dan pola yang mengunci handphone Anda, bagaimana jika lupa pola pada handphone? Jangan panik karena masih ada beberapa cara mengatasi lupa pola pada HP yang terkunci.

Cara Membuka HP Yang Lupa Pola dan Lupa Password

1. Manfaatkan Fitur Forgot Pattern (Lupa Pola)

Anda bisa menggunakan fitur Forgot Pattern ini yang bisa diakses ketika Anda sudah memasukan password atau pola beberapa kali salah memasukan verifikasi keamanan saat membuka HP yang terkunci (lock screen). Dengan menggunakan fitur ini pastikan HP Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan cepat dan Gmail yang terdapat pada HP yang lupa pola.

Cara Membuka HP Yang Lupa Password Dengan Forgot Pattern

  1. Masuk pada menu Forgot Pattern, menu ini akan muncul ketika Anda sudah memasukan kunci pola yang salah beberapa kali.
  2. Kemudian Anda akan diminta Sign in pada akun Gmail yang sudah terdaftar pada smartphone Android yang lupa pasword.
  3. Setelah itu Anda akan diberikan opsi untuk mengganti password, pola, atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti Anda akan dibawa ke tampilan halaman menu utama.
  4. Anda sudah bisa menggunakan password, pola, atau PIN baru selanjutnya. Anda juga bisa untuk tidak mengaktifkan fitur keamanan ini pada menu pengaturan HP Android Anda.

2. Masuk Ke Dalam Safe Mode Android.

Cara membuka pola HP yang terkunci dengan cara ini, Jika terjadi masalah pada aplikasi pihak ketiga yang error, Maka Anda bisa menggunakan fitur Safe Mode untuk membuka hp Anda yang terkunci dan menonaktifkannya.

Cara untuk membuka hp yang lupa password sebenarnya ada banyak cara, namun yang sering digunakan adalah cara ini, Langkah-langkah membuka hp yang terkunci sebagai berikut :

  1. Matikan HP Android Anda dengan cara menekan tombol Power, Kemudian setelah itu akan muncul pilihan Restart dan Power off.
  2. Kemudian, Anda hanya tinggal tap dan tahan Power off hingga menampilkan pilihan Reboot to Safe Mode.
  3. Kemudian pilih OK untuk melanjutkan proses.
  4. Tunggu beberapa saat, HP Android Anda akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode.
  5. Jika sudah berhasil masuk Safe Mode Anda bisa uninstall aplikasi lock screen dari pihak ketiga yang bermasalah dan masuk kembali ke mode normal dengan cara melakukan Restart.

3. Buka Pengaturan Untuk Menghapus Pola di ADB

Cara mengatasi lupa pola dan lupa password HP, hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan sebelumnya sudah dihubungkan dengan HP lewat ADB di komputer, cara menghapus pola yang lupa pada HP dengan cara mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Siapkan perlengkapan HP Android dan kabel data yang akan dihubungkan pada komputer Anda, dan jangan lupa untuk memasukan ke dalam direktori instalasi ADB.
  2. Kemudian, Anda bisa memasukkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key, kemudian tekan Enter.
  3. Reboot HP / Restart Handphone Anda dan lock screen kamu akan hilang. Jika pola dan password sudah terbuka maka cepat lakukan pergantian password karena proses ini hanya berlaku sementara saja.

4. Factory Reset

Jika cara membuka pola hp yang lupa diatas masih belum berhasil maka Anda terpaksa harus melakukan factory reset untuk mengubah ke pengaturan HP Anda seperti awal dan menghilangkan lock screen, cara ini bisa menghilangkan data yang ada dihandphone Anda dikarenakan cara membuka hp yang terkunci ini akan mengembalikan kondisi HP Anda ke pengaturan pabrik.

  1. Matikan HP Android Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian Anda harus masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan. Cara ini bisa berbeda pada setiap HP.
  3. Jika sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menggerakkan pilihan.
  4. Lalu pilih Wipe Data atau Factory Reset, kemudian tekan tombol Power. Tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika proses sudah selesai silahkan pilih Reboot system now.
  6. Selesai. HP akan menyala kembali seperti baru dan semua pengaturan kembali seperti semula.

Nah, begitulah cara untuk membuka hp yang lupa pola dan lupa password jika cara diatas masih belum bisa juga silahkan bawa hp Anda ke service center terdekat. Baca juga cara memperbaik keyboard yang tidak berfungsi.