Jangan Panik, Ini Cara Perbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Jalanmantu - Keyboard merupakan salah satu hardware sangat penting. Penggunaannya yang sering terkadang keyboard menjadi rusak dan sering sekali mengalami kerusakan seperti keyboard tidak bisa diketik, keyboard juga termasuk komponen yang rentan dengan kerusakan. Lalu bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang rusak? Tenang saja, tidak perlu panik karena jalanmantu akan membagikan tutorial mengatasi keyboard yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Keyboard Tidak Berfungsi

1. Cek Kerusakan Pada Keyboard.

Kerusakan pada keyboard bisa terjadi karena 2 faktor yaitu faktor software dan hardware, cari terlebih dahulu kerusakan yang terjadi dan pastikan kerusakan pada keyboard tersebut, memastikan keyboard yang rusak sangatlah penting karena menentukan cara untuk memperbaiki keyboard.

Bagaimana cara mengecek keyboard rusak? Untuk mengecek keyboard rusak cobalah Anda akses BIOS laptop pada laptop atau komputer Anda. Apabila Anda bisa masuk dan menggunakan keyboard kamu, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada software.

2. Bersihkan Keyboard Anda

Cara ini bisa dilakukan apabila salah satu tombol pada keyboard tidak bisa diketik namun tombol lainnya bisa diketik, kemungkinan keyboard Anda dipenuhi kotoran dan debu yang menumpuk, sehingga tombol pada keyboard Anda tersendat dan tidak berfungsi.

Cara membersihkan debu pada keyboard :

  1. Matikan terlebih dahulu laptop atau komputer Anda.
  2. Miringkan laptop Anda.
  3. Kemudian goyang-goyangkan keyboard Anda agar debu pada keyboard keluar.
  4. Bersihkan bagian bawah dan atas keyboard dengan lakban.
  5. Periksa semua tombol, apakah sudah bekerja atau tidak.
  6. Restart Laptop

Jika tiba-tiba keyboard pada laptop tidak berfungsi secara mendadak, maka kemungkinan besar masalahnya ada di software atau driver. Cara mengatasi keyboard tiba-tiba tidak berfungsi dengan cara mencoba restart laptop Anda.

Terkadang software pada laptop megalami error yang bisa mengakibatlan hardware pada laptop atau komputer yang menghubungkan dengan laptop tersebut tidak berfungsi seperti seharusnya. Jika Anda tidak bisa merestart dari menu start, tahan tombol power selama 5 detik dan laptop akan terrestart untuk mengatasi keyboard laptop error.

3. Restore Windows.

Jika keyboard Anda tidak berfungsi setelah melakukan install aplikasi baru, cobalah untuk melakukan Restore Windows, System Restore atau Restore Windows berfungsi untuk mengembalikan sistem ke kondisi sebelum terdapat error pada laptop Anda.

  1. Cara Untuk Restore Windows Sebagai Berikut:
  2. Klik pada Start menu dan klik pada Control Panel.
  3. Kemudian cari Recover system settings or your computer kemudian Klik.
  4. Kemudian klik Open System Restore.
  5. Setelah itu semua Anda tinggal mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows Anda. Laptop akan melakukan reboot.

Jika permasalahan terhadap sistem seharusnya dengan cara diatas keyboard Anda sudah bisa digunakan dengan semestinya. Demikian cara mengatasi keyboard tidak berfungsi, jika keyboard Anda masih tidak berfungsi juga dengan cara diatas maka laptop Anda harus dibawa ke Service Center terdekat.

Baca Selengkapnya - Rekomendasi Headset Gaming Murah dan Tahan Lama