Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop/PC

Jalanmantu - Kebutuhan flashdisk untuk menyimpan data sangatlah dibutuhkan sebab dengan bentuk yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana membuat flashdisk mudah di gunakan, masih banyak pengguna flashdisk padahal dengan perkembangan teknologi seperti sekarang kita bisa menyimpan file apapun dengan online contohnya seperti menyimpan file dengan google drive.

Untuk penggunaan flashdisk jangan sembarangan melakukan transfer data atau file pada komputer atau laptop yang sifatnya laptop atau komputer umum dan banyak digunakan orang lain, seperti komputer warnet, karena menghubungkan flashdisk pada sembarangan komputer atau laptop dapat mengakibatkan flashdisk terkena virus dan sebabnya akan menjadi flashdisk tidak terbaca di laptop atau komputer.

Lalu bagaimana jika flashdisk tidak terbaca pada laptop atau komputer? Jalanmantu akan membagikan solusi dan cara mengatasi flashdisk tidak terdeteksi pada komputer atau laptop, untuk mengatasi masalah ini ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan untuk memperbaiki flashdisk rusak.

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca:

Cek Kondisi Flash Disk

Cek konidisi pada flashdisk anda antisipasi menghindari kerusakan yang terjadi pada flash disk. Untuk bisa mengecek kondisi pada flash disk anda yang sedang digunakan dengan langkah pengecekan flash disk tersebut kondisinya masih bagus atau memang sudah rusak. Karena jika kondisi flashdisk sudah memang mengalami kerusakan, secara otomatis flashdisk tidak akan bisa terbaca di laptop ataupun komputer.

Untuk melakukan pengecekan pada flash disk, bisa dengan cara mencolokan flash disk lain ke port USB yang ada di laptop atau komputer. Jika flash disk lain berhasil dibaca oleh laptop atau komputer berarti kondisi pada flashdisk Anda kemungkinan mengalami kerusakan.

Periksa Kondisi Port USB pada PC/Laptop.

Untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca oleh laptop dan komputer adalah dengan cara mengecek kondisi port USB yang akan Anda gunakan. Karena ada kemungkinan port USB yang Anda gunakan pada laptop sedang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat membaca flash disk Anda.

Cara mengecek port USB pada laptop ataupun komputer sangatlah mudah, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara mencoba mencolok flashdisk ke port USB yang ada di laptop lain. Jika memang flash disk bisa terbaca di port USB laptop lainnya, maka besar kemungkinan port USB yang ada di laptop Anda sedang bermasalah.

Lakukan Scan and Repair Drive Pada Flashdisk

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop dan komputer dengan cara melakukan scan pada flashdisk, di windows memiliki fitur untuk melakukan scanning pada flash disk. Scan pada flash disk ini dapat memperbaiki atau mengatasi flashdisk mengalami kerusakan akibat virus. Jika ditemukannya ada kerusakan, maka secara otomatis Windows akan memperbaiki flash disk kita.

Biasanya yang merusak flashdisk adalah flashdisk terkena virus di komputer saat sedang melakukan transfer file. Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk melakukan scanning sebagai salah satu cara mengatasi flash disk yang tidak terbaca akibat virus.

Berikut langkah-langkah praktisnya:

  • Colokan flash disk pada port USB di laptop ataupun PC Anda.
  • Kemudian, Anda bisa klik kanan pada simbol Windows dan pilihlah Disk Management.
  • Lalu, pilihlah Disk Flash disk Anda. Di sini, Disk yang ada pada Flash disk berada di E maka kami klik kanan pada E.
  • Setelah Anda mengklik kanan, pilihlah properties dan akan otomatis muncul Windows baru.
  • Lalu, Anda bisa klik tools dan pilihlah fitur check.
  • Terakhir, Anda bisa klik scan and repair drive dan tunggulah beberapa saat sampai selesai.

Setelah Anda sudah mengikuti langkah scanning maka Anda bisa mencoba lagi dengan mencabut flash disk dan mencolokannya lagi ke port USB. Jika flashdisk tidak terbaca di laptop dan komputer maka ikuti cara selanjutnya.

Cek Flashdisk dengan Device Manager

Dengan cara mengecek flash disk dengan Device Manager bisa dilakukan jika komputer Anda membaca adanya perangkat baru atau ada flashdisk yang terhubung akan tetapi tidak dapat membuka data yang ada di dalam flashdisk tersebut. Untuk melakukan pengecekan dengan device manager bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Ketikan "Device Manager" di kotak pencarian yang berada di sebelah tombol Windows.
  • Anda juga bisa menggunakan gabungan tombol "Windows + X", kemudian pilih "Device Manager".
  • Setelah "Device Manager terbuka", klik Disk "Disk drivers".
  • Cari drive yang mengadung kata "Flash disk". Jangan sampai tertukar dengan drive storage di komputer Anda.
  • Setelah ditemukan, klik kanan, kemudian pilih "Uninstal".
  • Setelah itu, Anda bisa memilih "Scan for hardware changes" untuk memperbarui perubahan di drive.
  • Jika sudah selesai, silakan restart komputer Anda.

Jika Anda sudah mengikuti semua cara di atas, namun flashdisk tidak terbaca juga. Jangan khawatir, karena masih banyak cara untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan cara menghapus atau format flashdisk.

Cara ini akan menghilangkan file yang ada di dalam flashdisk tanpa tersisa, Ya, memang cara ini terbilang sangat merugikan apalagi terdapat file file penting di dalam flash disk, namun dengan format flash disk Anda maka kondisi flashdisk akan seperti baru dan bersih dari virus.

Untuk melakukan format pada flashdisk yang tidak terbaca Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Pertama Anda harus mencolokan atau memasang flashdisk pada port USB yang ada di laptop atau komputer.
  • Jika sudah terpasang, Anda bisa menekan tombol Windows+R dan langsung ketikan CMD , maka akan secara otomatis muncul CMD atau Command Promd.
  • Setelah CMD terbuka maka langkah selanjutnya ketikan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD tersebut. Huruf F yang Anda ketikan pada CMD menunjukan bahwa lokasi flashdisk. Ketikan lokasi flashdisk di laptop atau komputer anda dengan menyesuaikannya lokasi flash disk masing-masing, karena lokasi flash disk bisa berbeda. Ada yang di F, E, atau D.
  • Setelah Anda mengetik perintah tersebut tinggal tekan ENTER maka akan secara otomatis, flashdisk Anda akan diformat oleh Windows dan menghapus semua file yang ada di flash disk tersebut.